PERUBAHAN

September 3, 2015 by  
Filed under GADO-GADO HARITRANG

Share with:

FacebookTwitterGoogleLinkedIn


changeOleh: Herry Tjahjono
Corporate Culture Therapist

Sudah sekitar 18 tahun saya menulis di Kompas. Saya cuma ingin berkontribusi – meski mungkin kecil – untuk sebuah perubahan yg lebih baik bagi bangsa dan negeri yg saya cintai. Namun tak jarang rasa jenuh dan capek menerpa, tatkala di mata saya berbagai perubahan yg saya harapkan tak kunjung terjadi, bahkan kadang malah memburuk.

Dan pagi ini, di sepanjang jalan menuju kantor klien…saya jumpai berbagai detak kehidupan keseharian bangsa ini tergambar jelas. Pemuda yang memanggul skop menggali tanah di pundaknya berjalan tegap di sepanjang bahu jalan tol, ibu separuh baya sederhana yang menggandeng anaknya menyeberang gagap di zebra cross, bapak tua dengan sepeda motor butut yang membonceng istri, dan kedua anaknya – satu di depan, satu di tengah antara dia dan istrinya, penjaja koran yang lari tergopoh di traffic light mengejar langganannya dalam mobil, dan anak perempuan kecil yang menjajakan tissue…banyak lagi lainnya berseliweran di depan mata saya sepanjang perjalanan.

Merekalah sesungguhnya napas keseharian bangsa ini. Bertahun-tahun mungkin “nasib” mereka belum juga berubah, tapi mereka terus bergerak melangkahkan kakinya. Kelesuan saya pelahan menguap, berganti percik semangat yang kembali menghangatkan rongga dada. Saya akan terus menulis, saya ingin tetap bergerak, tanpa perlu resah apakah perubahan itu segera hadir di depan mata saya atau tidak. Saya hanya ingin bergerak – menulis – seperti mereka yang saya temui sepanjang pagi ini. Sebab hanya dengan bergerak, kita tetap hidup. Perubahan yang saya harapkan, biarkan DIA yang mengaturnya.

Selamat berkarya sahabat….

Herry Tjahjono
Corporate Culture Therapist

 

Share with:

FacebookTwitterGoogleLinkedIn


Comments

comments

Komentar