William

September 28, 2015 by  
Filed under GADO-GADO HARITRANG

Share with:

FacebookTwitterGoogleLinkedIn


Oleh: Herry Tjahjono
Corporate Culture Therapist

William Soerjadjaya ULTAH copyAlmarhum Om William – sang pendiri Astra punya kebiasaan royal dalam memberikan uang kepada orang-orang di sekitarnya atau siapapun yang ditemuinya, bahkan yang tidak dikenalnya sekalipun. Om William – yang akrab dipanggil si Om oleh orang-orang terdekatnya memang pribadi yang menarik bak magnet bagi siapa pun. Salah satu tokoh besar dalam dunia industri Indonesia. Pada suatu kesempatan, dalam lawatannya ke negeri tetangga untuk urusan bisnis, dia memberikan uang kepada seorang anggota security yang menyambutnya. Setelah beberapa saat urusannya selesai dan menuju perjalanan pulang ke bandara, Om William juga memberikan uang kepada security yang ditemuinya di perjalanan. Staff terdekat yang menemaninya bertanya : “ Om memberi uang kepada security itu ? “ Om William tersenyum dan balik bertanya : “ Kenapa ?” Staffnya kembali berkata : “ Om tahu, dia adalah security yang sama ketika Om tadi datang, jadi Om memberinya uang dua kali.” Om William bertanya balik : ” Kamu pikir saya tidak tahu ? Saya memang tahu dia adalah security yang sama.” Staffnya penasaran : ” Lalu kenapa Om memberinya lagi ?” Om William kembali tersenyum dan berkata singkat : “ Biarlah tiap orang mendapatkan hari baiknya sendiri.”

Saya terharu membaca kisah itu. Saya rasa ini bukan soal kelebihan uang, tapi membantu orang lain menemukan “hari baik”nya – apapun caranya – adalah soal hati. Membantu orang lain menemukan hari baiknya adalah perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan.

Membantu orang lain menemukan hari baiknya – sesungguhnya tugas kehidupan setiap orang di dunia. Dari orang paling rendah sampai pemimpin tertinggi. Dan bahkan seharusnya, makin tinggi kedudukan seseorang, makin tinggi pula tuntutannya untuk tugas kehidupan yang satu ini.

Dan om William sendiri – saya yakin, dia menjadi besar justru karena kemampuannya menjalankan tugas kehidupan ini. Kalimat : “ Biarkan tiap orang mendapatkan hari baiknya sendiri “ ….adalah frase yang sangat dalam, menyentuh, unik, sekaligus    sangat powerful – seperti tercermin dari sosok almarhum yang menciptakan kalimat mempesona itu.

Saya bertekad untuk belajar lebih banyak lagi soal itu.

 

DSC_0861_1

Herry Tjahjono
Corporate Culture Therapist

 

 

 

 

 

 

 

Share with:

FacebookTwitterGoogleLinkedIn


Comments

comments

Comments

One Response to “William”

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] Menu: 1.William 2. Tidak Nak 3. My Champ 4. Kompetensi Tampah 5.Perubahan 6. Profesi yang […]



Komentar